Riset: Wanita Lebih Mandiri, Jadi Ga Perlu Untuk Nikah Dengan Pria Kaya



Riset: Wanita Lebih Mandiri, Jadi Ga Perlu Untuk Nikah Dengan Pria Kaya [ www.BlogApaAja.com ]

Penelitian terbaru menunjukkan wanita di zaman sekarang tak lagi merasa perlu mengincar pria kaya untuk dinikahi. Wanita-wanita masa kini yang sudah makin mandiri secara ekonomi cenderung menikah dengan pria dari kelas sosial sama atau bahkan lebih rendah.

Seperti dikutip Telegraph, penelitian itu dilakukan oleh sebuah lembaga riset di Inggris, Institute for Public Policy Research (IPPR). Para peneliti mengamati wanita-wanita yang lahir di tahun 1958, 1970, dan di antara 1976-1981. Setelah diteliti ditemukan, terjadi penurunan jumlah wanita yang menikahi pria kaya.

Riset yang dibuat IPPR menunjukkan makin banyak wanita yang memilih menikah dengan orang yang memiliki latar belakang mirip dengan mereka. Data dari riset itu di antaranya, 56% wanita kelahiran 1976-1981 menikah dengan pasangan yang berasal dari kelas sosial sama. Sementara itu, hanya 45% wanita kelahiran 1970 dan 38% wanita kelahiran 1958 yang melakukan hal serupa.

Apa yang diteliti IPPR itu membuktikan terjadi penurunan jumlah wanita yang menikah demi naik ke kelas sosial lebih tinggi, selama 40 tahun terakhir. Dan untuk pertamakalinya ada lebih banyak wanita yang menikahi pria dengan kelas sosial lebih rendah dari mereka.

Data dari riset tersebut memperlihatkan, ada 38% wanita kelahiran 1958 yang menikahi pria kaya. Penurunan mulai terjadi pada wanita kelahiran 1970, hanya 33% yang memilih menjadi istri pria kaya. Pada wanita kelahiran 1976-1981, presentasenya semakin menurun menjadi 16%. Dan terjadi kenaikan hingga 28% jumlah wanita yang menikahi pria berasal dari latar belakang sederhana.

Sekarang ini memang wanita lebih maju ketimbang dulu. Penelitian yang dibuat IPPR pun menunjukkan terjadi peningkatan jumlah wanita menikah yang menduduki posisi manajerial dalam pekerjaan. Jika dibandingkan, hanya 33% wanita kelahiran 1958 yang mencapai posisi tinggi itu, sementara wanita kelahiran 1976-1981 ada 50%.

Follow On Twitter