5 Mitos Seputar Kesehatan Yang Menyesatkan



5 Mitos Seputar Kesehatan Yang Menyesatkan [ www.BlogApaAja.com ]

Apakah anda mengetahui letak persis jantung? disebelah kiri, kanan, atau tengah rongga dada anda? atau pernahkah anda dengar bahwa pola hidup yang sehat itu harus meminum air sebanyak 8 gelas sehari?

Yang manamitos

yang manafakta

? coba simak beberapa uraian dibawah:

1. Dimanakah letak jantung?



  • Mitos: Jantung berlokasi di dada kiri kita

  • Fakta: Jantung selama ini dipercaya berada di sebelah kiri rongga dada kita. Namun ternyata jantung justru berada di nyaris pertengahan rongga dada kita, ia tersimpan nyaman di belakang rongga dada tengah yang kokoh.

2. Minum susu malam hari bikin cepat tidur



  • Mitos: Minum segelas susu hangat bisa sebabkan anak lekas tidur

  • Fakta: Dalam susu memang terkandung tryptofan, zat asam amino yang mengakibatkan tubuh rileks dan bisa cepat tertidur, hanya saja kandungan itu sedikit terdapat disusu. Untuk mendapatkan efek tertidur pulas dari tryptofan pada susu itu nyatanya kita memerlukan bergelas-gelas susu hangat. Namun minum susu saat sebelum tidur sangat baik untuk kesehatan dan patut dijadikan rutinitas, terutama bagi anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

3. Berapa besar persen otak yang kita gunakan?



  • Mitos: kita hanya gunakan 10 persen otak kita

  • Fakta: Sebuah penelitian membantah anggapan bahwa manusia hanya menggunakan 10 persen bagian otaknya, karena sejatinya otak kita membuktuhkan aktifitas menyeluruh disetiap senti bagian otak untuk melaksanakan fungsi kehidupan. Karena itu ungkapan hanya 10 persen otak kita yang termanfaatkan merupakan kalimat yang perlu ditantang secara ilmiah

4. Obesitas karena metabolisme lambat



  • Mitos: kelebihan berat badan adalah akibat metabolisme tubuh yang lambat

  • Fakta: Sebuah studi kesehatan terbaru mempublikasikan bahwa orang dengan kondisi obesitas justru memiliki metabolisme yang lebih cepat dalam membakar energi dibanding orang kurus untuk membantu mereka beraktifitas.

5. Minum air putih



  • Mitos: Minumlah 8 gelas air putih perhari untuk cegah dehidrasi

  • Fakta: Tubuh kita sebenarnya mengkonsumsi lebih dari 8 gelas air perharinya, air yang berarti cairan itu didapat dari makanan, buah, sayur, kopi, teh, dan air putih yang diminum oleh kita. Karena itu ungkapan Minumlah 8 gelas air putih perhari untuk cegah dehidrasi sebenarnya harus dibuktikan lagi secara ilmiah, sebab tubuh memiliki alarm tersendiri kapan harus minum, kapan tidak, alarm itu bernama rasa haus. Karena itulah minum air putihlah saat haus dan berhentilah saat dahaga itu hilang.


Follow On Twitter