Penyebab Mendengkur Saat Tidur



Penyebab Mendengkur Saat Tidur [ www.BlogApaAja.com ]
Mendengkur dapat mengganggu teman tidur Anda
Mendengkur merupakan kebiasaan yang cukup mengganggu. Tak hanya membuat pasangan susah tidur, juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Saat mendengkur, saluran napas tertutup secara temporer, sehingga menghambat udara yang masuk ke paru-paru.

Ada beberapa penyebab mendengkur, salah satunya gangguan di hidung dan sinus. Hidung mampet membuat napas terganggu sehingga menimbulkan suara dengkuran. Inilah sebabnya mengapa Anda akan mendengkur saat sakit flu atau demam.

Agar tidak mendengkur, cobalah uapi wajah di atas air panas. Uap yang dihisap oleh hidung dapat melegakan pernapasan dan meredakan hidung yang mampet. Anda juga bisa menghirup inhaler atau balsam.

Selain gangguan di indera penciuman, mendengkur juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. Tembakau mengganggu area mulut, tenggorokan dan saluran napas di dalam tubuh.

Merokok juga dapat mengurangi elastisitas kulit dan sel-sel jaringan di sekitarnya. Saat tidur, tenggorokan menjadi rileks dan posisinya menjadi lebih rendah dari biasanya, sehingga keluar-masuknya udara menimbulkan suara dengkuran.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur juga dapat membuat Anda tidur sambil mendengkur. Alkohol dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, misalnya. Minuman seperti ini dapat menyebabkan iritasi pada jaringan halus di saluran pernapasan dan mengganggu aktivitas udara yang keluar-masuk.

Penyebab terakhir ialah kelebihan berat badan dan kurangnya aktivitas otot. Jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dapat menyumbat saluran napas.

Solusinya, rajin-rajinlah berolahraga agar otot lebih aktif bergerak dan mampu mengikis lemak di tubuh Anda.

Follow On Twitter