7 Tanda Make Up Kamu Sudah Kedaluwarsa



7 Tanda Make Up Kamu Sudah Kedaluwarsa [ www.BlogApaAja.com ]

Tak hanya makanan saja yang mempunyai tanggal kedaluwarsa, tetapiperlengkapan kosmetik pun juga memiliki batas waktu pemakaian. Untuk membuangmake up yang sudah kedaluwarsa meskipun masih terbilang banyak merupakan halyang membuat Anda menyayangkannya.



Tetapi menyimpan perlengkapan kosmetik yang sudah tidak layak pakai jugadapat menimbulkan efek buruk bagi kecantikan Anda. Berikut ini adalah ciri-cirimake up yang sudah tidak layak pakai, seperti dilansir dari situs AllWomens Talk.

1. Mascara



Tabung Ma

scara

yang tertutup rapat merupakan tempat bakteriberkembang biak yang dapat menimbulkan infeksi, seperti mata merah. Mengendusadalah cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui mascara Anda masihlayak pakai atau tidak. Apabila sudah kedaluwarsa, maka mascara Anda akanmenimnbulkan bau yang busuk. Jadi sebaiknya gantilah mascara Anda setiaptiga hingga empat bulan sekali.

2. Liquid Foundation



Perubahan warna pada tabung liquid foundation membuktikan bahwaperalatan make up Anda sudah kedaluwarsa. Kebanyakan liquid foundation bertahankira-kira setahun, sedangkan oil-based foundation dapat bertahan sampai dengan18 bulan. Bila liquid foundation Anda teksturnya berubah menjadi lebih kasar,maka dapat diatasi dengan menuangkan beberapa tetes alkohol yang bebas toner.

3. Concealers



Concealers yang dijual di pasaran memiliki dua jenis, liquidconcelaers dan stick concelaers. Liquid concealers dapat bertahan sekitar satutahun, berbeda pula dengan stick concelaers yang dapat bertahan selama duatahun. Periksalah dengan teliti perubahan warna dan tekstur pada concealersAnda.

Anda juga harus memperhatikan ketika berdandan tangan harus bersih.Hindari juga penggunaan alat make up yang dibarengi dengan orang lainuntuk menghindari infeksi.

4. Lipstick



Lipstick yang kering dan yang berubah teksturnya menunjukkan bahwa sudahtidak layak dipakai lagi. Namun ada beberapa merk lipstick memiliki formulayang kering sehingga membingungkan Anda untuk mengindetifikasinya. Caraterbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menciumnya. Jika tercium bau basiatau tidak sedap, maka lebih baik Anda membeli yang baru.

5. Eyeliner



Menggunakan eyeliner dapat membuat tampilan mata menjadi lebihindah. Tapi eyeliner yang kedaluwarsa tidak akan mendukung penampilan Anda.Jika di ujung eyeliner terdapat bercak putih yang tidak dapatdihilangkan dan teksturnya yang berubah karena kering, maka sudah saatnya Andamembuangnya dan mengganti dengan yang baru.

6. Blush on



Pipi yang merah merona merupakan penunjang dalam penampilan. Agar makeup Anda maksimal, jangan menggunakan blush on yang sudah tidak layak pakai.Ciri-ciri dari blush on kedaluwarsa adalah warnanya yang berubah kusamdan perubahan pada teksturnya. Jenis blush on tabur cenderung lebih lama dariyang berbentuk krim. Agar blush on Anda tahan lama, bersihkanlah kuasblush on setiap selesai dipakai dan simpanlah ditempat gelap.

7. Eye Shadow



Untuk mengetahui apakah eye shadow Anda masih dalam kondisi primaatau sudah buruk dapat diketahui dari perubahan warna dan berbau. Biasakanberdandan dengan tangan yang bersih dan selalu ingat untuk mengganti eye shadowsetiap 2-3 bulan sekali.


Follow On Twitter